Sosialisasi SPMI dan AMI

Dalam rangka peningkatan mutu di lingkungan IAIS Sambas. Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) IAIS Sambas mengadakan Sosialisasi SPMI dan AMI bertempat di ruang kelas MPAI (Pascasarana) Selasa, 12 September 2023. Dihadiri oleh Direktur Pascasarjana, Seluruh Dekan Fakultas, Seluruh Ketua dan Sekretaris Program Studi. kegiatan ini dilakukan sebagai wadah dalam pemahaman bersama terkait SPMI dan AMI.

Kegiatan diawali dengan sambutan dan sekaligus dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan, Dr. Hifza, M.S.I, dalam sambutannya, Dr. Hifza, M.Si memberikan arahan dan gambaran secara umum mengenai SPMI dan AMI.

Pemateri pertama disampaikan oleh Ketua Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) IAIS Sambas Dr. Hamnah, M.Th.I yaitu tentang Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI). Menjelaskan bahwa Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI ) adalah kegiatan sistemik penjaminan mutu pendidikan tinggi oleh setiap perguruan tinggi secara otonom untuk mengendalikan dan meningkatkan penyelenggaraan pendidikan tinggi secara berencana dan berkelanjutan.

Selanjutnya pemateri kedua disampaikan oleh Saripah, M.Pd selaku Kepala Pusat Audit dan Pengendalian Mutu, untuk materi yang disampaikan tentang Audit Mutu Internal (AMI). Menjelaskan bahwa Audit Mutu Internal (AMI) adalah proses pengujian yang sistematik, mandiri dan terdokumentasi untuk memastikan pelaksanaan kegiatan di Perguruan Tinggi sesuai prosedur dan hasilnya telah sesuai dengan standar untuk mencapai tujuan institusi. AMI merupakan audit yang dilakukan untuk menentukan tingkat kesesuaian pelaksanaan kegiatan terhadap standar mutu yang telah ditetapkan dalam SPMI, dalam rangka peningkatan mutu institusi dan mengurangi resiko ketidaktercapaian standar atau penurunan kualitas, tutupnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *